Bahaya Tidur Setelah Subuh Terhadap Kesehatan

Jendela Informasi Blog - Tidur pagi setelah subuh seringkali dilakaukan oleh banyak orang karena kondisi mata merasa masih mengantuk dan melihat cahaya masih petang itulah yang menyebabkan kita merasa enak ketika harus  tidur lagi. Tidur setelah subuh akan menjadi sebuah kebiasaan buruk  jika seringkali kita lakukan Akan. Perlu kita ketahui sobat tidur di waktu pagi khususnya setelah subuh sangat berbahaya bagi kesehatan kita loh, apa saja sih bahayanya ? yuk kita ketahui bersama :




1. Depresi

Jika tidur pagi setelah subuh dilakukan setiap hari, maka akan mudahhnya otak kita mengalami depresi, karena diwaktu pagi adalah waktu yang tepat untuk menggerakkan badan, otot, dan menggunakan otak kita untuk berfikir, sedangkan tidur tidak bergerak sehingga hal ini dapat melemahkan kreatifitas otak untuk berfikir jernih dan akibatnya jarah 3 – 5 jam kemudian kita akan mudah mengalami depresi.

2. Obesitas

Obesitas salah satu penyebabnya adalah seseorang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam, karena metabolism tubuh sisa semalam tidak mengalami penghancuran lemak dan mengendap di dalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan. Sedangkan proses penghancuran lemak itu dimulai ketika pagi hari dimana tubuh sudah siap menerima aktifitas tubuh sebagai proses pemanasan untuk proses penghancuran lemak dan penghancuran lemak ini tidak akan merata jika kita dalam kondisi tidur.

3. Gangguan Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, yang berfungsi untuk memompa darah, oleh sebab itu kita harus menjaga jantung kita dengan cara tidak tidur dipagi hari atau setelah subuh, karena seseorang yang tidurnya lebih dari 8 jam secara terus menerus, maka akan lebih mudah mengalami serangan jantung sekitar 38% . hal ini disebebkan karena jantung tidak dilatih memompa darah ketika metabolisme sedang dimulai. Perlu diingat metabolism selalu dilakaukan ketika pagi hari disaat orang terbangun dari tidur dan ketika orang sudah siap melakukan aktivitas seperti biasa.

4. Melemahkan Syahwat

Lemahnya syahwat salah satu penyebabnya adalah tidur pagi setelah subuh, karena terlalu lama tubuh beristirahat dan tidak dilatih untuk bergerak. Setelah subuh adalah waktu yang tepat untuk menggerakkan badan misalnya olahraga ringan seperti lari pagi atau jalan santai.

5. Melemahnya fisik dan Mudah Jatuh Sakit

Selain empat penyakit di atas akibat tidur pagi setelah subuh, melemahnya fisik dan mudah jatuh sakit itu juga termasuk akibat tidur pagi, seperti mudah sakit kepala, migrant dan nyeri otot. 

Itulah beberapa akibatnya ketika kita sering tidur diwaktu pagi atau setelah subuh, sehingga solusinya adalah tidurlah lebih awal jika tidak ada kepentingan yang mendesak agar diwaktu pagi tidak merasa ngantuk dan capek, kemudian tekadkan niat untuk tidak tidur setelah subuh, dan agendakan untuk melakukan suatu aktivitas yang bermanfaat seperti lari pagi, senam atau melakukan aktivitas lainnya sehingga kita tidak malas-malasan dan ingin tidur lagi. Cukup sekian semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.