Ingin Tubuh Sehat ? Yuk Jogging, dan Ketahui Beberapa Tips dan Manfaatnya

Jogging merupakan lari kecil yang biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu aktivitas jogging adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling umum, murah dan praktis sebagai pilihan olahraga. Oleh sebab itu jika kita ingin tubuh sehat lakukan jogging secara rutin minimal seminggu 3 kali. Jogging ini tidak lengkap tanpa adanya persiapan terlebih dahulu, oleh karena itu saya akan berbagai informasi terkait tips jogging dan manfaatnya. Berikut tips dan manfaatnya :




1. Persiapan

Persiapan adalah hal penting yang harus diketahui, persiapan dari waktu istirahat, asupan makanan, pakaian, waktu dan jarak. Pertama adalah persiapan waktu istirahat, jika anda sudah merencanakan jogging di pagi hari, maka sebelumnya anda harus beristirahat yang cukup minimal 6 jam pada malam hari dan sebaiknya anda bangun 1-2 jam sebelum jogging. Hal ini perlu dilakukan agar kadar oksigen yang ada di dalam darah mencapai angka yang cukup, sehingga anda tidak merasa lemas dan pusing ketika jogging. Kedua,persiapan asupan makanan, jika anda melakukan jogging di pagi hari maka jangan makan dulu biarkan perut anda kosong, akan tetapi anda boleh minum air putih secukupnya jangan terlalu banyak. Ketiga, persiapan pakaian/pakaian. Pakaian merupakan penunjang untuk keberhasilan olahraga jogging.  Gunakan pakaian yang berbahan kaos dan bawahan training jangan menggunakan pakaian yang ketat atau pakaian dari bahan yang membuat kulit anda sulit bernafas. Pilihlah sepaptu khusus untuk jogging. Biasanya di toko banyak sekali pilihan sepatu untuk lari, main tenis, sepak bola dll. Pilihlah yang khusus untuk lari, termasuk sepatu Nike adalah sepatu yang cocok untuk lari dan banyak sekali toko yang Jual Sepatu Nike.. Keempat, persiapan waktu, anda harus mempersiapkan waktu yang tepat kapan anda jogging, jika anda harus bekerja jam 6 maka anda harus menyiapkan waktu selama 30 menit untuk jogging dari jam 5 pagi anda harus sudah jogging. Kelima,persiapan jarak, sebelumnya anda mengetahui berapa jauh anda akan berlari jika anda jogging di depan rumah maka dari titik mana anda harus memmulai jogging.

2. Pelaksaan

Bagi anda yang jarang melakukan jogging, maka disarankan agar dilakukan secara bertahap, misalnya dengan jarak 100 meter terlebih dahulu kemudian dilanjut jalan cepat 200 meter dan lari lagi 100 meter begitu seterusnya hingga 5-7 kali. Namun bagi anda yang sudah sering melakukan jogging, maka bisa sejauh 1 km yang dilakukan terus menerus namun dengan kecepatan rendah dulu.


Adapun manfaat dari jogging baik untuk fisik maupun psikis adalah sebagai berikut :

1. Manfaat Fisik, 

karena jogging adalah olahraga kardiovaskolar, maka olahraga ini sangat baik untuk membakar lemak. Dan jika dilakukan secara rutin, maka bisa menurunkan berat badan. Selain itu juga dapat memberikan ketahanan stamina tubuh agar tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah sakit tulang keropos serta metabolism tubuh akan semakin baik, karena kemampuan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh semakin baik.

2. Manfaat psikis

Para penggiat jogging ini akan lebih percaya diri karena bisa mengendalikan rasa malas yang ada dalam dirinya. Selain itu orang yang suka jogging maka pemikiran mereka selalu positif, karena sejak pagi sudah diawali dengan aktivitas yang postif.

Demikian beberapa tips yang harus dilakukan ketika jogging dan beberapa manfaatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.


Diberdayakan oleh Blogger.