Anak Mengalami alergi susu? Berikut Ini Cara Mengatasi Alergi Susu

Anak anda sedang berada di masa pertumbuhan dan sekarang anda mulai berfikir ingin memberikan susu tambahan apa yang bisa diberikan kepada andak anda. Mungkinkah anda sedang mengalami sedikit masalah dimana anak anda sedang mengalami sebuah alergi pada salah satu produk susu. 

Anda tidak perlu merasa cemas, jika anak benar mengalami alergi anda bisa saja langsung membawa anak anda untuk diperiksa di layanan kesehatan yang terdekat dan tetunya sudah ada banyak cara untuk mengatasi alergi susu pada bayi anda. Beberapa bayi memang tidak begitu saja bisa cocok dengan beberapa produk susu yang diberikan. Susu memang menjadi salah satu minuman tambahan yang cocok untuk diberikan kepada anak ketika masih usia muda ataukah pada masa – masa pertumbuhan dan perkembangan. Setiap orang tua pasti akan memberikan sebuah produk susu kepada anaknya untuk bisa mendukung perkembangan anaknya. Namun tidak semua jenis produk susu yang ada cocok sehingga mungkin saja anak anda mengalami sebuah alergi apa susu yang anda berikan. 




Anda bisa dengan mudah mengetahui bahwa bayi anda mengalami ketidak cocokan dengan susu sudah diberikan dengan beberapa tanda. Beberapa tanda ini bisa anda gunakan untuk menilai apakah bayi anda mengalami sebuah alergi ataukah tidak. Beberapa bayi yang mengalami alergi biasanya akan menunjukan sebuah kondisi yang tidak baik seperi nafas menjadi lebih sulit dan tidak jarang bayi akan muntah mengeluarkan susu yang sudah diminumnya. Jika bayi anda sudah menunjukan hal ini selang beberapa saat setelah susu yang diberikan maka anda bisa patut untuk mencurigai susu tersebut. Jika memang anak anda mengalami sebuah alergi pada susu tersebut maka anda bisa dengan segera mengatasi alergi susu dengan cara membawa segara anak anda untuk diperiksa. 

Nantinya anak anda akan menjalani beberapa tes dan pengobatan untuk bisa kembali ke kondisi semula. Anda jangan bergitu saja menyerah maupun menjadi sedih ketika hasil yang dikeluarkan memang positif mengalami salah satu alergi pada salah satu jenis produk susu yang ada. Namun jika memang anak anda mempunyai hasil yang positif hal ini akan menjadi hal yang cukup berat untuk anda. Karena anda mempunyai tugas yang cukup besar yakni bisa memilih berbagi macam jenis makanan yang aman untuk diberikan kepada anak anda. Tentunya sudah ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, hal ini bukanlah hal yang terlalu membahayakan. 

Lebih baik jika anda sudah mengetahuinya anda dengan segera mungkin berhenti memberikan susu tersebut kepada bayi anda. Mencari pengganti untuk makanan tambahan adalah hal yang perlu anda pikirkan sekarang sehingga kebutuhan yang ada pada anak anda akan tetap terpenuhi dan tidak mengalami kekurangan. Ada juga beberapa cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk segera mengatasi alergi susu yang dialami anak anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan seperti:

1. Segera hindarkan produk susu yang telah membuat anak anda mengalami beberapa masalah. Jangan pernah memberikan susu tersebut kepada anak anda. Jika susu yang bermasalah adalah susu sapi maka anda bisa dengan mudah menghindari beberapa produk yang mengandung susu sapi maupun beberapa makanan lainnya yang mengandung susu sapi. Dengan begitu anak anda tidak akan mengalami keadaan yang buruk berulang – ulang. Tentunya hal ini sudah sangat jelas menunjukan bahwa anak anda tidak cocok dengan susu tersebut.

2. Jika anak anda masih dalam usia yang cukup muda yakni di bawah 6 bulan maka anda tidak perlu memberikan susu tambahan kepada anak anda. Anda hanya perlu memberikan ASI yang cukup kepada anak anda. Akan lebih baik jika anda tetap memberikan ASI tepat pada waktunya dari pada anda memberikan susu tambahan lainnya yang bisa membuat anak anda alergi. 

3. Jika anak anda sudah mempunyai umur yang cukup untuk diberikan susu tambahan yakni sudah berumur di atas 6 bulan maka anda bisa dengan mudah mencari beberapa produk susu yang ada. Jika anak anda mengalami tidak cocok dengan susu tersebut maka anda bisa mencoba menggantinya dengan susu formula lainnya yang mempunyai isi kandungan yang berbeda.

4. Tanyakan pada dokter yang sudah menangani anak anda, tanyakan sebenarnya anak anda mengalami alergi pada susu apa sehingga anda bisa dengan mudah mengganti susu yang ada. Tentunya beberapa bayi mempunyai ketidak cocokan yang berbeda – beda, tidak semua bayi mengalami alergi susu sapi maupun alergi pada susu lainnya. Jadi anda bisa lebih jeli lagi dalam memberikan makanan kepada bayi anda. Anda harus terus memasikan bahwa makanan yang diberikan tidak akan menimbulkan hal yang membahayakan. 


Diberdayakan oleh Blogger.