Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Banyak sekali dari mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi, memilih mencair kampus terbaik, yang justru lokasinya sendiri banyak pula yang ada di luar kota. Sehingga membuat mereka pun terpaksa untuk mencari tempat tinggal sementar selama menempuh pendidikan. Yaitu dengan menjadi anak kos-kos an. Sebenarnya menjadi anak kos-kos an ini banyak suka dukanya, dan semakin membuat kita menjadi lebih mandiri lagi. Namun sebagai anak kos yang memang sebagian besar masih mendapatkan kiriman dari orang tua untuk bertahan hidup, harus pintar-pintar dalam mengatur finance alias masalah keuangan. Terlebih lagi kalau belum memiliki penghasilan sendiri. Untuk itu anda bisa menyimak beberapa info dan ulasan dibawah ini mengenai cara atau Tips mengatur keuangan ala anak kos, diantaranya yaitu :




1. Catat pengeluaran
Sebagai seorang anak kos tentu saja ada banyak sekali pengeluaran. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, namun biasannya ada kebutuhan lain yang harus di penuhi. Seperti membeli buku, ke warnet, fotocopy, dan yang lainnya. Untuk itu catat semua pengeluaran sekecil apapun, sebagai kontrol anda dalam mengatur finance atau keuangan.

2. Stok kebutuhan pokok
Sebaiknya anda jika sudah mendapatkan uang dari kiriman orang tua, langsung membeli berbagai macam kebutuhan pokok dalam jumlah besar. Seperti membeli stok beras, mie instant, perlengkapan mandi dan yang lainnya. Dengan memiliki stok kebutuhan pokok, maka tidak perlu kuatir saat uang saku semakin menipis, dan kiriman dari orang tua terlambat.

3. Biasakan makan sebelum pergi
Biasanya setelah selesai jam kuliah banyak teman-teman yang mengajak hang out atau sekedar jalan-jalan. Untuk itu, sebelum pergi sebaiknya anda makan terlebih dahulu. Agar nantinya tidak makan diluar.

4. Masak sendiri
Tips selanjutnya agar keuangan tetap hemat dan aman anda bisa memasak sendiri. Jika ingin lebih menghemat ajak anak kos lainnya untuk patungan dan masak bersama-sama. Selain bisa menghemat dengan masak sendiri tentu saja semakin membuat anda menjadi jago memasak. Kurangi juga untuk jajan atau makan di luar.   Karena jika anda sering makan dan jajan di luar, pasti uang saku untuk bertahan hidup selama di kos an dalam sebulan menjadi kian menipis.

5. Mencari uang saku tambahan
Meski anda sedang menempuh pendidikan dan menjadi anak kos. Bukan berati tidak bisa mencari uang saku tambahan. Lumayan selain bisa digunakan untuk jajan anda bisa sedikit meringankan beban orang tua. Beberapa pekerjaan yang bisa di jalani seperti menjadi ojek online, pengajar les privat, content writer, membuka online shop dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips mengatur keuangan ala anak kos ini semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda. Ingin tips mengenai finance lainnya, bisa didapatkan dengan klik halouang.com



Diberdayakan oleh Blogger.