Service AC Surabaya : Ini 5 Kesalahan Penggunaan AC yang Jarang Disadari

Penggunaan AC adalah hal yang sangat biasa saat ini. Hampir setiap rumah memiliki unit AC untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman meskipun cuaca sedang panas. Apalagi jika di rumah ada anak-anak yang mudah merasa terganggu dengan adanya cuaca panas seperti yang sering terjadi di negara tropis seperti Indonesia.

Banyak sekali produk AC yang beredar di pasaran pada saat ini. Mulai dari merek yang sudah populer hingga AC dengan merek yang baru muncul, semua bisa ditemukan di pasaran saat ini. Bahkan AC juga semakin mudah didapatkan karena bisa dibeli secara online.

Pada dasarnya, setiap produk AC dari berbagai merek bisa bertahan lama dengan performa yang baik jika digunakan dengan cara yang tepat. Jika dirawat dengan cara yang benar dan dijaga penggunaannya maka AC bisa bertahan lama. Sayangnya, seringkali terjadi kesalahan penggunaan AC yang jarang disadari oleh sebagian besar orang.




5 Kesalahan Penggunaan AC

AC bisa mengalami gangguan atau kerusakan karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang Anda lakukan setiap hari. Apa saja kira-kira kesalahan dalam penggunaan AC yang bisa membuat AC mudah rusak? Berikut 5 jenis kesalahan dalam penggunaan AC yang jarang diketahui dan disadari.

1. Setting Suhu Terendah

Panasnya cuaca seringkali membuat Anda terbiasa langsung mengatur AC ke suhu terendah. Karena ingin ruangan cepat dingin, Anda tak berpikir panjang untuk memilih suhu terendah. Kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada AC. AC harus terus bekerja keras dan hal ini bisa mempercepat kerusakan AC.

2. Tidak Dibersihkan

AC seharusnya dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan debu-debu yang bisa menghambat kerja AC. Namun, seringkali Anda malas membersihkan AC. Akhirnya kotoran dibiarkan menumpuk dan hal ini bisa membahayakan kondisi AC. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan AC secara rutin.

3. AC Langsung Dinyalakan setelah Dimatikan

Ini adalah salah satu kesalahan yang sering terjadi. Biasanya, karena tidak sengaja Anda mematikan AC padahal masih dibutuhkan. Akhirnya, Anda spontan menyalakannya kembali tanpa memberi jeda. Perbuatan ini adalah sebuah kesalahan. Setelah dimatikan, harusnya AC diberi jeda waktu jika ingin dihidupkan kembali.

4. Merokok di Ruangan AC

Ada larangan-larangan tertentu yang tidak boleh dilakukan ketika berada di rangan ber-AC. Salah satu contohnya adalah merokok. Anda harus mematuhi peraturan ini. Jangan memaksakan diri untuk merokok di ruangan yang ber-AC karena bisa mempengaruhi kinerja AC dalam mendinginkan suhu ruangan.

5. Tidak Menutup Rapat Ruangan

AC dipakai di dalam ruangan yang tertutup rapat. Hal ini harus diingat dan jangan dipAndang enteng. Jika Anda tidak menutup rapat ruangan dan udara panas dari luar masuk, maka AC akan bekerja jauh lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Kejadian seperti ini bisa memperpendek usia AC Anda.

Ketika membeli AC, Anda pasti akan mendapat buku petunjuk atau panduan penggunaan AC. Gunakan petunjuk tersebut sebagai panduan dalam penggunaan AC. Lakukan hal-hal yang memang dianjurkan dan hindari hal-hal yang dilarang. Dengan begitu maka Anda bisa memperpanjang usia AC dengan performa prima.

Memiliki AC yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama tentu akan sangat menyenangkan. Namun, namanya alat elektronik, tetap saja ada kemungkinan terjadi kerusakan. Jika terjadi kerusakan atau gangguan, Anda langsung bisa menghubungi service AC Surabaya agar segera mendapat solusi dan perawatan yang tepat.

Diberdayakan oleh Blogger.