Macam-macam Alergi Yang Bisa Menyerang Tubuh

Jendela Informasi - Alergi merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh dalam menanggapi berbagai zat pemicu alergi (allergen). Bentuk dari reaksi terhadap allergen sendiri tergantung dari individu yang mengalaminya. Biasanya seseorang dengan orang lain bentuk reaksinya bisa berbeda-beda. Selain dari individunya, zat allergen yang masuk pada tubuh ada banyak macamnya. Hal itulah yang membuat reaksi dari alergi berbeda. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan alergi, mulai dari makanan, bahan kimia, pengawet, stress, udara, lingkungan dan berbagai hal lainnya. Tidak semua orang akan mengalami yang namanya alergi. Sebenarnya kemunculan alergi dalam tubuh, itu tergantung dari kekebalan tubuh yang dimilikinya.  Ketika kekebalan tubuh tidak bisa menerima dengan baik zat pada makanan yang diperoleh maka baru akan menimbulkan yang namanya alergi. 



Gejala alergi juga beragam. Tubuh kita bisa berespon allergen dengan berbagai macam. Gejala yang umumnya terjadi ialah bengkak, gatal, bersih, pusing, mual, muntah sesak napas. Seluruh gejala tergantung dari kategori reaksi alergi yang menyerang. Ada yang reaksinya ringan, berupa gatal atau pilek saja. Tetapi yang lebih berbahaya dan mengancam jiwa juga bisa terjadi. Sebaiknya anda memahami dengan baik apa yang terjadi pada tubuh anda. orang yang alergi biasanya akan lebih peka terhadap makanan yang menjadi penyebab alergi. Dengan begitu mereka umumnya akan langsung membatasi penyebab alergi pada tubuhnya.

Penyakit alergi sendiri bisa dikatakan buah dari system kekabalan (imunitas) tubuh dalam merespon benda asing berbahaya yang masuk. Ada banyak sekali jenis dari alergi yang bisa diperoleh. Pada kesempatan kali ini, akan dibagikan kepada anda beberapa macam alergi yang sering terjadi di masyarakat. Alergi bukanlah sebuah masalah yang sepele. Mengenal macam alergi bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui berbagai hal yang bagus pada tubuh anda. Memberikan pemahaman tentang cara hidup sehat, agar terhindari dari penyakit yang mengancam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis alergi yang sering terjadi dan bisa mengancam anda ;

·    Alergi Seafood

alergi terhadap makanan merupakan jenis yang banyak diderita oleh orang. Bahkan keluarga, teman atau orang yang di sekitar anda pasti ada yang mengalami alergi. Paling sering, alergi makanan disebabkan oleh seafood. Mulai dari ikan, tiram, udang, dan berbagai makanan dari laut. Alergi seafood tidak bisa dianggap ringan, karena bisa berakibat fatal (anafilaktik). Mengolah dengan memasaknya masih tetap memberikan reaksi alergi.

·    Alergi Dingin

Ada kasus yang terjadi, di mana tubuh akan bereaksi karena udara dingin. Tidak akan menjadi masalah ketika udara dingin kemudian anda merasa kedinginan. Tetapi, yang tidak bagus kalau ada alergi yakni dengan disertai gejala timbulnya raga gatar atau lendir di mulut serta mata.

·    Alergi Susu Sapi

Susu sapi adalah minuman yang sangat bagi bagi kesehatan. Namun, bagi beberapa orang bisa menimbulkan alergi karena minum susu sapi. Kebanyakan terjadi pada anak usia balita. Ada penelitian yang mengatakan bahwa alergi ini dikarenakan jenis suku/ ras. Kebanyakan penderita alergi susu sapi merupakan orang Asia.

·    Alergi Telur

Ada 3 jenis protein yang terdapat dalam terlur. Ketiga protein tersebut bisa menimbulkan reaksi berupa alergi. Penderitanya juga memiliki tingkatan, yang laing rendah bisa dihindari dengan memasaknya terlebih dahulu. Tetapi, kalau sudah alergi telur, maka jenis telur apapun masih akan tetap memberikan reaksi alergi-nya.

·    Alergi Debu

Penderitanya sangat umum dan mudah dijumpai. Banyak orang yang mengalami alergi ketika terkena debu.  Penyebab utamanya ialah tungau debu. Ini adalah binatang yang kecil dan terdapat dalam debu. Tidak semua orang mengalami alergi semacam ini. Biasanya mereka akan sangat sensitive dengan karpet, bantal, selimut dan lainnya. Umumnya penderita ketika menghirup debu akan mengalami gejala bersin yang sering, hidung gatal atau berair, pilek bahkan sampai hidung terasa tersumbat.

·    Alergi Obat-obatan

alergi obat bisa muncul dengan sendirinya. Mungkin dulu anda tak pernah mengalaminya. Akan tetapi, anda bisa dalam seketika mengalami alergi obat. Reaksinya bisa sangat lama bahkan bisa pula cengan cepat. Obat dengan dosis ringan sekalipun bisa mendapatkan reaksi yang berlebihan berupa alergi. Gejalannya beragam, mulai dari gatal, pilek, diare, sampai gangguan pernapasan.

Itulah tadi beberapa macam-macam alergi yang sering terjadi. Anda penting untuk memahami hal di atas tadi. Semua orang tidak akan pernah tahu dan bisa saja mengalami alergi. Karena alergi sendiri dipengaruhi oleh system imunitas pada tubuh. Sistem kekebalan yang ada pada tubuh bisa turun sewaktu-waktu. Kalau itu terjadi maka akan sangat sensitive terhadap berbagai hal yang masuk pada tubuh anda. Selalu melakukan pola hidup yang sehat agar anda terhindar dari alergi.
Diberdayakan oleh Blogger.