Cara Memilih Router Wifi yang Tepat untuk Anda

Di jaman yang semakin canggih ini, kebutuhan internet tidak bisa diabaikan. Hal tersebut disebabkan karena sebagian hal yang ada saat ini membutuhkan internet untuk beragam macam hal misalnya untuk berjualan atau sekedar menuliskan sesuatu di blog yang dimiliki. Biasanya orang akan memanfaatkan wifi, namun jika Anda ingin memiliki internet sendiri selain harus tethering, anda wajib memiliki router wifi terlebih dahulu kemudian di setting agar bisa dipergunakan.


Untuk memilih router, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah kemampuan teknologi atau fitur yang dipasang. Salah satu teknologi baru yang diterapkan pada router adalah penggunaan 802.11n dan spesifikasi ini bisa ditemukan di bagian kardusnya. Akan tetapi, masih ada perusahaan pengembang router yang menggunakan teknologi lama yaitu 802.11ac. Teknologi tersebut tidak hanya akan berpengaruh pada kecepatan ataupun kemampuan dari router tersebut namun juga harganya.

Kedua adalah kecepatan dari router tersebut. Umumnya kecepatan router sekitar 350 Mb/sec hingga kecepatan 1900 Mb/sec. Akan tetapi kecepatan tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal jika anda menggunakannya dalam jarak yang jauh, sehingga semakin jauh router dari komputer atau tersebut maka akan semakin pelan kecepatan yang Anda peroleh. Namun, banyak yang menyarankan untuk membeli router berkecepatan 1000 Mb/s untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan.

Ketiga adalah keamanan data yang Anda peroleh. Masing-masing router memiliki kemampuan untuk mengamankan data yang berbeda. Pilih jenis router yang menggunakan sistem keamanan WPA2 untuk mendapatkan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan router yang menggunakan sistem keamanan WEP yang lebih rawan untuk dibobol dan keamanan data juga berkurang, jenis sistem sekuritas WPA2 ini sekarang sudah banyak dipergunakan.

Pertimbangan lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum memilihnya di penjual router wifi adalah:

· Jumlah bank yang diperlukan. Ada manufaktur yang membuat router yang dilengkapi dengan sistem teknologi dual band namun saat ini terdapat pula router yang menggunakan sistem tri-bank. Misalnya, jika Anda memilih dual band, Anda akan mendapatkan router yang memiliki 2 radio dimana 1 radio akan bekerja di frekuensi 2.4 GHz sedangkan yang satunya di frekuensi 5.0 Ghz.
· Kualitas dari layanan atau quality of service atau QoS. Jika router tersebut dilengkapi dengan QoS yang bagus maka nantinya performa bisa dimaksimalkan atau dioptimalkan ketika Anda sedang melakukan streaming, bermain game online ataupun melakukan sesuatu yang butuh bandwidth besar karena kemampuan router bisa digunakan secara menyeluruh.
· Koneksi USB. Pilih jenis router yang memiliki kemampuan untuk membaca USB untuk tempat penyimpanan atau NAS (network Attached Storage).
· Berapa budget yang Anda miliki karena semakin bagus routernya akan memiliki harga yang semakin tinggi.

Diberdayakan oleh Blogger.