6 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen Paling Berhasil



Ayam potong merupakan ras yang mudah dipanen atau cepat dipanen. Dibandingkan dengan ayam kampung masa panen ayam ini jauh lebih cepat. Yang menjadi tolak ukur dari masa panen ayam ini adalah bobot ayam. Ketika bobot ayam dirasa sudah besar dan maksimal maka ayam ini akan bisa dipanen kemudian dijual. Sayangnya belum semua peternak tahu bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan berat atau bobot ayam yang maksimal, terlebih lagi ada beberapa penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan ayam. Lalu bagaimana cara ternak ayam potong cepat panen dan cepat besar?, simak tipsnya berikut ini:

Pilih DOC Ayam yang Berkualitas

Hanya DOC ayam berkualitaslah yang bisa diternakkan untuk cepat panen. DOC ayam terbagi menjadi beberapa grade, Anda bisa memilih DOC dengan grade unggulan supaya bisa diternakkan dan berkembang dengan pesat. Daya tahan DOC atau bibit ayam unggulan ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan yang grade biasa sehingga bisa tahan terhadap penyakit, cuaca, dan lain sebagainya.

Kandang yang Sesuai Standar

Cara ternak ayam potong cepat panen yang bisa dilakukan selanjutnya adalah buatlah kandang sesuai dengan standar. Setiap jenis ayam ini memiliki standar kandang yang berbeda-beda sehingga Anda harus tahu jenis kandang apa yang sesuai untuk beternak ayam potong ini. 

Perhatikan Masa Emas

Pada masa emas 14 hari pertama menjadi penentu keberhasilan ternak ayam yang akan digeluti hal itu dikarenakan jika di 14 hari pertama banyak ayam yang mati maka peternakan yang digeluti terancam gagal. Oleh sebab itu perhatikanlah ayam yang akan Anda ternakkan selama 14 hari tersebut karena berada di masa-masa rawan.

Pakan yang Bernutrisi

Sukses atau tidaknya ternak ayam yang dilakukan ini tergantung dengan pakan yang diberikan. Hal itu dikarenakan semakin bernutrisi pakannya maka semakin bagus tumbuh kembangnya untuk ayam tersebut. Berikanlah pakan yang banyak mengandung protein dan juga karbohidrat tinggi supaya ayam menjadi cepat besar dan memiliki bobot yang maksimal.

Vaksin dan Vitamin

Supaya terhindar dari penyakit Anda harus bisa memberikan vaksin dan vitamin. Vaksin dan vitamin ini bisa digunakan sebagai peningkat sistem imun ayam. Jika ayam memiliki sistem imun yang lemah maka dengan mudah berbagai macam penyakit bisa mudah menyerangnya. Vaksin ini berguna untuk mencegah dan menghindarkan ayam dari berbagai macam penyakit. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya jika banyak sekali penyakit yang bisa menyerang dan mengakibatkan kematian. Oleh sebab itu mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Probiotik

Sebenarnya tidak ada yang berbeda untuk membuat ayam cepat panen atau panen di waktu yang semestinya. Hanya ada berapa cara tambahan untuk bisa membuat ayam potong tersebut menjadi cepat panen karena bobotnya yang maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan probiotik. Mengapa probiotik bisa membuat ayam cepat panen?, hal itu dikarenakan probiotik bisa memaksimalkan pakan yang masuk ke dalam tubuh ayam. Probiotik bisa mencegah dan mengatasi berbagai macam masalah pencernaan sehingga pakan bisa terserap secara maksimal. Selain itu probiotik ini juga bisa digunakan untuk mencegah kotoran ayam berbau sehingga lingkungan kandang akan terbebas dari bau kotoran ayam.

Ada beberapa alasan mengapa peternak ayam potong ingin segera panen misalnya saja adalah untuk mempercepat modal balik dan yang kedua untuk menghindari wabah penyakit yang menyerang ayam. Supaya tidak banyak ayam yang mati dan menyebabkan gagal panen peternak banyak yang mempercepat masa panen ayam potongnya. Dengan melakukan beberapa cara ternak ayam potong cepat panen yang telah disebutkan di atas, pebisnis maupun peternak ayam potong bisa memaksimalkan bobot ayam sehingga bisa lebih cepat dipanen sebelum masanya tiba.

Diberdayakan oleh Blogger.