Resiko yang Dijamin oleh Asuransi Kecelakaan Diri



Tak ada yang pernah tahu kapan akan terjadi kecelakaan, dan juga tidak ada yang bisa memprediksi kerugian apa saja yang bisa didapatkan setelah kecelakaan itu terjadi. Bisa jadi akibat kecelakaan tersebut  menimbulkan kerugian finansial yang tidak sedikit. Oleh sebab itu penting sekali memiliki perlindungan diri seperti asuransi. Yang penting untuk memiliki asuransi khusus kecelakaan diri adalah pekerja atau karyawan yang memiliki risiko tinggi dalam pekerjaannya misalnya saja adalah driver yang setiap hari harus berada di jalanan untuk menjalankan pekerjaannya. Dengan kondisi jalanan yang padat risiko kecelakaan sangat mungkin bisa terjadi sehingga menyebabkan cedera ringan, fatal, bahkan sampai yang menghilangkan nyawa.

Selain memilih perusahaan asuransi yang tepat, juga harus tahu risiko apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Hal itu dikarenakan jika terjadi risiko yang tidak dijamin maka klaim tidak akan bisa dikabulkan.  

Berikut ini beberapa risiko yang bisa ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri yang penting untuk diketahui:


Cedera Ringan

Risiko yang dijamin oleh asuransi khusus kecelakaan diri yang pertama adalah mengalami cedera ringan dimana diakibatkan oleh benturan yang tidak terlalu keras.

Cedera Fatal

Selain cedera ringan ada cedera fatal yang mana juga akan tertanggung oleh asuransi. Cedera fatal ini menyebabkan si tertanggung dalam polis asuransi kecelakaan diri tidak bisa beraktivitas seperti biasanya seperti patah kaki, patah tangan, dan lain sebagainya. 

Cacat

Tidak hanya cedera saja, namun asuransi khusus kecelakaan diri ini juga bisa menjamin cacat tetap yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja. Yang dimaksud dengan cacat tetap atau permanen adalah kehilangan kaki, kehilangan fungsi panca indera terutama mata, kehilangan satu tangan, dan lain sebagainya sehingga anggota tubuh menjadi tidak lengkap lagi.

Kematian

Asuransi khusus kecelakaan diri juga menjamin pihak tertanggung dari kematian. Saat tulang punggung sudah tidak ada lagi, tentu kehidupan keluarga yang ditinggalkan akan menjadi tidak menentu karena tidak ada pemasukan lagi. Dengan asuransi khusus kecelakaan diri ini pihak keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan Uang Pertanggungan dari asuransi meski nominalnya tidak sebesar dengan asuransi jiwa. Nantinya Uang Pertanggungan tersebut bisa digunakan sebagai modal untuk berbisnis oleh keluarga yang ditinggalkan.

Keracunan

Mengalami keracunan ketika sedang bekerja juga bisa ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri. Hal ini bisa dialami oleh pekerja yang berhubungan dengan gas atau uap beracun dimana jika terhirup secara berlebihan akan menyebabkan keracunan. 

Kuman dan Virus

Asuransi khusus kecelakaan diri ini juga menanggung kematian, cedera, atau sakit yang diakibatkan oleh virus maupun kuman  yang mana dialami saat berada di lingkungan kerja. Hal ini bisa terjadi ketika tidak sengaja masuk ke dalam air maupun zat cair lainnya yang mengandung virus ataupun kuman. Bersentuhan langsung dengan barang yang mengandung kuman dan virus di lingkungan kerja juga bisa meningkatkan risiko seseorang terinfeksi.

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu untuk mengetahui lebih jelas tentang risiko yang ditanggung bisa menghubungi perusahaan asuransi atau menghubungi broker yang menyediakan produk asuransi kecelakaan diri tersebut.
Diberdayakan oleh Blogger.