Inilah Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak Anak

Jendela Informasi - Bayi dan anak-anak merupakan fase pertumbuhan yang sangat berpengaruh terhadap masa depan seseorang. Sebab, bayi dan anak-anak merupakan fase yang sangat krusial. Pertumbuhan dan perkembangan otak beserta seluruh tubuh pada masa ini akan mempengaruhi masa depannya. Oleh kareana itu, berbagai kebutuhan nutrisi, terutama nutrisi otak harus dipenuhi agar tumbuh kembang otak dan tubuh keseluruhan dapat terjaga.


Beberapa Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak Anak

Nutrisi otak bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber nutrisi otak tersebut. Berbagai jenis makanan memiliki nutrisi otak yang berbeda-beda. Beberapa jenis makanan yang dapat berperan sebagai nutrisi otak di antaranya sebagai berikut:

a.   Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak : Ikan Laut

Jenis makanan yang pertama yang mengandung nutrisi otak adalah ikan laut. Jenis makanan ini megnandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua jenis asam lemak ini merupakan nutrisi otak esensial yang sangat berperan penting bagi otak.
Bagi perkembangan otak, asam lemak omega-3 akan diubah menjadi asam dokoheksanoat. Sedangkan asam lemak omega-6 akan diubah menjadi asam arakidonat atau AA. Kedua asam lemak esensial ini memegang peran yang sangat penting bagi perkembangan otak. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan laut atau minyak ikan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

b.  Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak : Biji-Bijian

Biji-bijian dapat menjadi sumber dari nutrisi otak, yaitu asam lemak. Kebutuhan asam lemak yang tidak terpenuhi dapat mengganggu performa otak serta dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Perkembangan dan pertumbuhan otak anak dipengaruhi oleh asupan asam lemak.
Asam Lemak berperan dalam pelepasan neurotransmiter serta kemampuan neuron dalam menggunakan glukosa. Hal ini menyebabkan asam lemak sangat penting bagi perkembangan otak. 

c.   Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak : Gandum

Gandum merupakan sumber dari karbohidrat berglikemik rendah yang berperan sebagai nutrisi otak. Dalam perkembangan dan pertumbuhan sel-sel otak, tentu saja dibutuhkan energi yang cukup besar. Sumber dari energi yang diperlukan merupakan hasil dari pengolahan glukosa dalam karbohidrat yang dikonsumsi.
Gandum yang merupakan sumber karbohidrat berglikemik rendah membantu memasok glukosa dalam darah, namun dengan kadar yang tetap stabil. Hal ini dapat membantu menyediakan energi bagi otak tanpa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

d.   Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak : Telur

Jenis makanan lainnya yang juga mampu menyediakan nutrisi otak adalah telur. Telur mengandung protein yang cukup tinggi, serta vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Telur juga mengandung asam folat yang berperan penting dalam perkembangan otak.
Protein merupakan zat pembangun yang berperan dalam pembentukan neurotransmitter. Adapun vitamin B kompleks mmembantu menurunkan kadar homosistein yang dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.

e.   Jenis Makanan sebagai Nutrisi Otak: Brokoli

Brokolo merupakan salah satu jenis sayuran yang juga mengandung nutrisi otak yang sangat baik untuk perkembangan otak. Brokoli kaya akan vitamin K yang berperan dalam meningkatkan kekuatan otak serta fungsi kognitif otak.
Brokoli juga mmapu menghambat pemecahan asetilkolin dan neurotransmiter yang berperan dalam menjaga kinerja otak. Asetilkolin juga diperlukan dalam mencegah terjadinya kepikunan atau Alzheimer. 

Nutrisi otak sangat penting untuk diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya agar perkembangan otak dapat berjalan dengan lancar, dan tidak mengakibatkan berbagai gangguan mental dan kesehatan. Jenis makanan lain yang dapat menjadi sumber nutrisi otak adalah daging, kacang merah, udang, jagung, hati dan kacang-kacangan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.