Tips Membeli Aki Honda Brio agar Tidak Salah Pilih


Jendela Informasi - Beberapa pengguna Honda Brio sering kali bingung disaat akan mengganti aki honda. Beberapa di antara dari mereka bingung menggantinya karena mereka tidak tahu aki manakah yang paling cocok untuk mobil mereka. Terlebih saat ini jumlah merk dengan berbagai macam type aki sudah semakin banyak saja dan beredar dimana-mana. Sehingga, hal ini membuat pengguna kendaraan beroda empat ini menjadi bingung untuk memilih manakah yang terbaik untuk mobil mereka.

Padahal, keberadaan dari aki mobil itu sangat penting sekali! Mengingat aki itu sendiri berguna sekali untuk tempat menyimpan energi listrik. Maka dari itulah, setidaknya Anda harus tahu mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Karena ternyata ada 2 macam aki mobil dan aki motor yang bisa ditemukan di pasaran. Yaitu, aki berbentuk basah dan juga aki kering. 



Untuk aki basah itu adalah sebuah aki yang memakai bantuan cairan elektroda untuk unsur utamanya. Cara menggunakannya adalah harus diisi cairannya secara rutin dan berkala agar kapasitas cairannya menjadi selalu terjaga. Sementara, untuk aki kering itu menggunakan bantuan elektroda yang berbentuk gel. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengisi ulang aki tersebut ketika sedang dibutuhkan.

Jadi, bila Anda baru saja memiliki Honda Brio dan saat ini Anda bingung untuk memilih aki mobil yang mana, sebaiknya Anda simak saja beberapa tips berikut ini. Karena kali ini akan kami berikan beberapa cara terbaik untuk memilih aki honda brio yang tepat agar tidak sampai salah beli, antara lain:

Sesuaikan Dulu Jenisnya!

Beberapa mobil memang ada yang memakai aki basah dari awal. Ada juga mobil yang menggunakan aki basah untuk komponen standardnya. Maka dari itulah, sebaiknya coba saja buku panduan manual mobil Anda tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya. Sehingga, Anda bisa tahu jenis aki manakah yang dipakai oleh pabrikan kendaraan Anda tersebut. Bila jenis mobil Anda masih memakai aki basah, sebaiknya gunakan saja aki yang basah. Namun, bila mobil Anda ingin menggantinya dengan aki kering dari NS Battery itupun juga tidak ada masalah. Mengingat brand ini juga terbaik dan memiliki jaminan kualitas yang berlaku sampai 1 tahun. Sehingga, Anda tidak akan kecewa ketika membelinya.

Pilih Aki NS Battery

Ini adalah salah satu cara terbaik saat ingin membeli aki mobil. Pilih aki yang berkualitas merknya. Karena nilai dari merk aki itu pada dasarnya tidak bisa dimanipulasi. Tingkat popularitas dari merk aki ini bisa digunakan untuk mengetahui seperti apakah kualitas dari aki mobil tersebut. Maka dari itulah, sebaiknya hanya beli aki yang berasal dari perusahaan dari merk yang ternama. Misalnya saja dari NS battery. Meskipun harganya mungkin sedikit mahal, namun Anda tidak akan kecewa. Karena mutunya sudah pasti terjamin kualitasnya. Namun sebelum itu, sebaiknya jangan lupa untuk membeli produk yang original dan asli. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kualitas yang terbaik.

Lihat Tanggal Produksinya

Tidak hanya makanan saja, karena aki itupun juga biasanya dilengkapi dengan informasi waktu produksi dan juga masa kadaluarsa. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan tanggal produksi dan masa kadaluarsanya. Aki yang baik itu adalah aki yang usianya tidak lebih dari 6 bulan dari tanggal produksinya. Aki yang sudah tua itu sudah pasti kondisinya juga akan melemah. Hal ini bisa membuat komponen penyusunnya menjadi aus dan kapasitas penyimpanan listrik menjadi rendah. Aki ini tidak bisa bekerja dengan baik dan mudah sekali rusak. Maka dari itulah, sebaiknya jangan beli aki yang usianya sudah tua.

Harganya Harus Masuk Akal

Jangan pernah terjebak terhadap persepsi umum tentang melihat mutu produk dari segi harganya. Karena fakta membutkikan bahwa aki yang harganya sangat mahal itu tidak selalu memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang harganya terjangkau. Bahkan, ada banyak produk aki honda brio yang dijual dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus. 

Cek Dulu Ukuran Tegangannya

Tak ada salahnya bila Anda selalu mengecek dari segi tegangan akinya sebelum membeli. Ini penting sekali agar bisa terhindar dari semua hal yang buruk dari komponen mobil yang lainnya. Produk aki yang baik itu adalah yang punya tegangan yang stabil.

Cek Ketinggian Dulu Cairan Elektrolit

Ini adalah khusus untuk pembelian aki basah, karena aki basah ini umumnya memakai air keras untuk bahan elektrolitnya. Maka dari itulah, sebaiknya pastikan bahwa kapasitas cairan elektrolitnya itu sesuai dengan ukuran standarnya. Aki basah yang memiliki cairan yang kurang itu tidak dapat menyimpan energi listrik dengan baik. Maka dari itulah, sebaiknya isi ulang lagi cairan elektrolitnya sampai kapasitasnya bisa sesuai dengan ukuran standardnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.