6 Tips Parenting Ampuh untuk Anak yang Pemalu


tips parenting

Anak Anda suka sembunyi jika ada tamu yang datang? Anak pemalu biasanya merasa kurang suka jika berkenalan dengan orang baru. Memiliki anak pemalu berarti Anda harus mendorongnya agar ia lebih percaya diri untuk berbicara dan tidak berlari dan sembunyi di kamar. Ini beberapa tips parenting untuk mengatasi anak pemalu agar ia jadi ceria.

1. Jangan Memaksanya

Anak pemalu rata-rata pendiam dan penurut, tapi kadang Anda kesal karena ia tidak mau diajak ikut lomba fashion show atau aritmatika. Jangan memaksa anak untuk langsung tampil di depan umum, karena ia bisa trauma. Cobalah berempati, anak pemalu memang dari lahir bersifat introvert. Jika ia tidak mau ikut lomba, ajaklah untuk jadi penonton.

2. Kenalkan pada Satu Teman Baru

Jika anak pemalu kurang suka berada di keramaian, kenalkan ia pada satu saja teman baru, misalnya saudara sepupunya atau anak dari sahabat Anda. Ia akan belajar membuka diri pelan-pelan di depan teman barunya. Mengapa hanya satu teman? Hal itu dilakukan untuk membuatnya beradaptasi dan latihan bersosialisasi sebelum mengenal banyak orang.

3. Ajaklah Berkegiatan Sosial

Jika di kota Anda ada klub mewarnai atau menari, rayulah anak untuk mengikutinya. Sesuaikan dengan bakatnya, jika ia suka olahraga maka masukkan ke klub renang atau sepakbola. Selain melatih bakat, anak pemalu akan belajar bersosialisasi dengan banyak teman baru di klub tersebut. Bacalah banyak buku tips parenting agar memahami anak pemalu.

4. Kontak Mata

Apakah Anda berbicara dengan anak tapi sambil melihat layar gadget? Letakkan gadget itu dan tataplah mata anak. Awalnya ia akan membuang pandangan matanya, tapi lama-lama akan terbiasa untuk berbicara dengan kontak mata. Ajarilah bahwa menatap mata orang saat berbicara bukanlah hal yang memalukan. Ia akan percaya diri jika Anda terus melatihnya.

5. Ajaklah Traveling

Traveling bisa jadi sarana bagi anak pemalu agar ia bisa lebih percaya diri. Di jalan, ia bisa melihat banyak aktivitas orang. Di pantai, ia bertemu dengan teman baru dan doronglah ia untuk berkenalan dengan anak yang lain. Anak yang pemalu akan mau berteman dan menikmati suasana tempat wisata bersama mereka. Pengalaman traveling membuatnya bahagia.

6. Kenali Penyebab Ia jadi Pemalu

Apakah anak Anda pemalu dan introvert sejak lahir? Coba ingat, jangan-jangan ia jadi pemalu karena Anda terlalu memperhatikan adiknya yang masih bayi. Anak juga bisa jadi pemalu karena terlalu sering dikiritik saat melakukan kesalahan. Tahanlah lidah untuk mengomel saat ia tidak sengaja menumpahkan susu. Ajari ia untuk membersihkannya sendiri.
Anak pemalu bisa didorong untuk menjadi pemberani, meski harus ekstra waktu dan proses. Anda bisa baca banyak tips parenting di orami.co.id. Di sana Anda akan memperoleh banyak indformasi seputar mendidik anak dan menumbuhkan kreativitas anak. Website ini sangat bermanfaat terutama untuk Anda yang butuh belajar membimbing anak.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.