Tips Aman Mengendarai Mobil Matic Saat Jalanan Menanjak dan Menurun

mobil matic


Mengemudikan mobil matic bukan sekedar urusan mengegas dan mengerem. Tapi juga harus mengetahui ketrampilan mengemudi sesuai dengan kondisi jalan, saat di jalan menanjak atau menurun misalnya.


Jika tak paham benar bagaimana cara mengemudi mobil matic di jalan menanjak, bisa-bisa mobil akan mundur dan membahayakan pengguna jalan lainnya. Maka itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berkendara menggunakan mobil matic dijalan tanjakan.

Mengendarai Mobil Matic di Jalan Menanjak


Perhatikan Tingkat Kecuraman Tanjakan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kecuraman tanjakan. Karena akan mempengaruhi tuas yang kamu gunakan. Perlu diketahui, tuas transmisi ada untuk posisi netral, P untuk posisi sedang parkir, R artinya Reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu ditambah lambang D2 dan D1 atau L di bawah posisi D.

Gunakan Tombol Over Drive (O/D)

Over Drive (O/D) merupakan opsi yang disematkan pada jenis transmisi otomatis. Opsi O/D digunakan ketika mesin membutuhkan putaran mesin lebih tinggi, khususnya pada posisi menanjak dan mendahului kendaraan.

Pengoperasian opsi O/D memiliki cara berbeda disetiap kendaraan. Namun, untuk produk Toyota, opsi O/D dihadirkan melalui tombol pada bagian bawah pengunci tombol perseneling. Untuk mengaktifkannya, hanya menekan tombol tersebut lalu mesin menyesuaikan hingga putaran tinggi

Cocokkan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan

Jika kamu berada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang biasanya memiliki medan yang lebih curam, kamu tidak cukup jika hanya mengg mode D saja.

Tetapi gunakan transmisi D2 untuk bisa melalui dengan mudah. Selain itu, jika tanjakan semakin curam kamu bisa menggunakan D1. Posisi ini ibaratnya gigi 1 pada mobil manual. Posisi ini digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet dan berjalan merayap ditanjakan.

Jangan Injak Rem saat Pindah Tuas dari D ke Posisi D2 atau D1

Hindari menggunakan rem terlalu dalam atau tidak sama sekali saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1. Kamu hanya harus menekan tombol yang ada di tuas perseneling untuk dapat memindahkan gigi.

Biasakan dan Terus Berlatih Menggunaka Mobil Matic di Jalan Menanjak

Kamu harus terbiasa menggunakan mobil matic saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matic jadi lebih bertahap yang hampir sama ketika sedang mengendarai mobil manual saat posisi tanjakan.

Mengendarai Mobil Matic di Jalan yang Menurun

Adakalanya saat kita melewati jalanan yang menanjak kita juga pasti akan melewati jalanan yang menurun. Untuk itu hafalkan terlebih dahulu beberapa fungsi transmisi yang ada di mobil matic dengan mudah diantaranya sebagai berikut ini.


Simbol D berfungsi untuk jalanan yang sifatnya rata ataupun datar seperti yang ada pada jalanan si kota-kota besar, selain itu simbol D juga mempunyai kecepatan yang maksimal. Simbol D3 digunakan pada saat jalanan yang kita lewati sedikit menanjak, simbol D2 digunakan saat kita melewati jalanan yang menanjak seperti di pedesaan atau pegunungan. Simbol D1 digunakan pada saat melewati jalanan yang mempunyai tanjakan terjal.


Setelah memahami fungsi dari setiap transmisi yang ada di mobil matic maka selanjutnya saat melewati jalanan yang menurun pengemudi harus memastikan tuas transmisi berada di posisi 2 agar pengereman mesin dapat beroperasi dengan maksimal.


Namun, saat jalanannya turun dengan sangat curam, pindahkan tuas transmisi di posisi L. Banyak pengemudi saat melewati jalanan turun justru memilih posisi N (Netral) karena ingin menghemat bahan bakar. Namun cara ini tidaklah tepat karena gih moo yang berada di posisi netr maka mobil hanya mengandalkan rem dan jika tid ahli pengemudi akan sulit untuk mengontrol laju mobil.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.