TERNYATA KANTUK DI KELAS DAPAT DIATASI LO



Berfaedah.com - Rasa kantuk di kelas saat materi kuliah atau pelajaran berlangsung adalah suatu hal yang sangat mengganggu tetapi selalu dialami oleh para siswa dan mahasiswa. Kayaknya tiada hari tanpa rasa kantuk. Walaupun rasa kantuk memang wajar dan akan dialami oleh setiap orang, tetapi rasa kantuk itu lebih sering datang saat kita mendengarkan suatu materi dan rasanya sulit sekali untuk menjaga mata agar tetap terbuka selama materi berlangsung. Padahal tidur di situasi seperti itu sangatlah tidak nyaman, selalu terbayang-banyak dosen atau guru membangunkan tetapi walaupun seperti itu rasa kantuk itu juga tak kunjung hilang. Jika rasa kantuk ini setiap saat dituruti lama-kelamaan akan berdampak pada akademis para siswa atau mahasiswa karena mereka banyak tertinggal materi dan penjelasan yang telah guru atau dosen sampaikan. 

Dari sebuah penelitian didapatkan bahwa penyebab kantuk di kelas yang paling banyak adalah disebabkan karena terlalu larut saat tidur malam sehingga jam tidur kurang dan akhirnya pagi hari nya jadi ngantuk, selain itu karena kurangnya membagi waktu dengan baik, saat istirahat bukannya digunakan untuk tidur tetapi malah digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif seperti game, nonton tv, nonton film, dan jalan-jalan. Tetapi hal ini sangat wajar dikalangan anak muda karena memang seharian menerima pelajaran atau kuliah membuat mereka jenuh dan akhirnya ingin refreshing dengan mengambil waktu istirahat mereka dan yang paling penting menyebabkan kantuk saat materi adalah adanya rasa bosan, karena biasanya memang hanya satu arah.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang ampuh dan berfaedah, yang pertama adalah saat materi kita dapat menggunakan metode mnemonik, yaitu metode menghafal sesuatu dengan singkatan yang unik, memang otak manusia didesain lebih mudah mengingat hal-hal yang sifatnya unik, lucu, dan tida biasa. Jadi menggunakan cara ini saat materi berlangsung dapat mengurangi rasa kantuk karena otak kita akan bahagia dan tertarik dengan materi yang disampaikan sehingga mengusir rasa bosan dan kantuk pun tida akan muncul, yang kedua yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan aktivitas kecil, misal didalam kelas kita tiba-tiba kantuk kita bisa beresin meja tempat duduk kita, kita dapat menulis atau menggambar, selain itu kita bisa juga bisa berdiri sebentar atau berjalan sebentar.Cara selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu pergi keluar ruangan sebentar untuk mencari udara segar atau sinar matahari karena dengan seperti itu kita bisa membuat aliran oksigen di dalam tubuh kita jadi lancar terutama di otak sehingga bisa mengusir rasa kantuk yang ada.

Kita juga dapat keluar sebentar untuk mencuci muka agar lebih fresh dan rasa kantuk hilang, dapat juga olahraga kecil di ruangan. Cara ampuh yang lain adalah dengan mengobrol dengan teman di dekat kita untuk mengusir kantuk, kita bisa ngobrol tentang materi, agama, atau gosip-gosip terkini tapi tentunya setelah kita kita harus fokus kembali agar kita tidak kehilangan materi yang disampaikan. Selain itu kita juga dapat mengantisipasi rasa kantuk itu muncul yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat seperti sayuran, buah-buahan, susu, yogurt, dan lain-lain karena makanan-makanan tersebut akan membuat tubuh kita lebih fresh dan tidak mudah lemas, kita juga dapat mengkonsumsi kopi atau teh hijau karena keduanya mengandung cafein. 

Itu tadi maca-macam cara yang dapat kita gunakan untuk mengusir rasa kantuk terutama saat menerima materi, semoga kita semua dapat terhindar dari rasa kantuk saat moment-moment berharga seperti itu sehingga kita dapat menerima materi secara utuh dan dapat kita ambil manfaahnya untuk kehidupan sehari-hari kita. amiin 

x

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.