Ragam Faktor Penyebab Biduran




Mendengar nama penyakit biduran pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda semua bukan? Penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa membuat permukaan kulit menjadi rusak dan terasa sangat gatal hingga perih. Tentu saja karena merupakan penyakit kulit maka biduran ini tidak bisa lantas dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan tindakan penyembuhan. Penyakit biduran ini memang bukan merupakan penyakit yang menular kepada orang lain akan tetapi keberadaannya pada permukaan kulit akan dapat menjalar ke bagian kulit lain dari si penderita itu sendiri. Bentuk dari biduran sendiri tidak dapat dipastikan karena biasanya memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Namun biasanya gatal biduran pada kulit akan menimbulkan bentol-bentol berwarna merah. Biduran bisa terjadi dalam waktu singkat atau bahkan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan dari biduran itu sendiri. Nah untuk menyembuhkan biduran, kita perlu terlebih dahulu mengetahui factor penyebab biduran yang timbul pada kulit. 

Secara umum penyakit biduran dikenali oleh masyarakat sebagai penyakit kulit yang timbul akibat adanya alergi yang diderita oleh seseorang. Secara keilmuan, adanya biduran yang timbul disebabkan oleh adanya kadar histamine yang terbilang tinggi. Tingginya kadar histamine akhirnya dilepaskan oleh lapisan kulit yang paling bawah. Nah dengan proses pelepasan ini maka terjadilah pembengkakan kulit yang diikuti dengan rasa gatal. Tingginya kadar histamine pada kulit juga disebabkan oleh beberapa hal. Nah beberapa hal ini lah yang menjadi factor timbulnya biduran pada kulit. Diantaranya adalah :

  1. Adanya perubahan iklim dingin atau panas secara bergantian dalam satu musim. Kulit sendiri memang merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap perubahan iklim. Adanya paparan cuaca panas yang sangat menyengat juga dapat membuta kadar histamine dalam kulit menjadi lebih tinggi. Udara yang sangat dingin juga dapat memicu tingginya kadar histamine dalam kulit. Namun bagi kulit yang sudah bagus daya tahannya akan sedikit peluangnya terserang biduran. 
  2. Berhubungan dengan factor alergi. Salah satu contoh alergi di sini bisa karena gigitan serangga. Adanya kadar alergi terhadap gigitan serangga ini bisa menimbulkan biduran pada kulit secara cepat.
  3. Mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memicu tingginya kadar histamine. Ada beberapa jenis obat yang jika diminum akan menimbulkan efek samping tertentu pula. Nah obat yang dikonsumsi pun tidka selamanya cocok dengan tubuh kita. Oleh karenanya tak heran jika ada beberapa obat yang jika diminum justru akan menimbulkan pembengkakan pada kulit yang berujung gatal-gatal. 
  4. Adanya infeksi pada tubuh. Salah satu jenis infeksi yang seringkali menimbulkan biduran pada kulit adalah influenza. Apalagi jenis infeksi yang satu ini sangat rentan menular dari orang satu ke orang lainnya. 

Banyaknya factor yang dapat menimbulkan biduran pada kulit ini menjadi tolak ukur bahwa tidak ada penyebab pasti yang menjadi factor timbulnya biduran pada kulit. Akan tetapi factor tingginya histamine pada kulit bisa menjadi salah satu factor kuat terjadinya pembengkakan kulit yang dibarengi dengan rasa gatal dan perih pada kulit. Yang jelas untuk mengobatinya anda harus menggunakan obat gatal yang sesuai dengan anjuran dokter. dan yang terpenting jangan pernah menggaruk dengan keras bagian kulit yang dirasa terkena biduran. Hal ini akan menyebabkan kulit anda terluka dan berpeluang menjalar pada bagian kulit yang lain. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.