Mengapa Perlu Pemanasan Sebelum Berolahraga ?




Jendela Informasi - Apakah anda pernah merasakan kram setelah berolahraga? Kram biasanya terjadi di bagian-bagian tubuh yang digunakan terlalu keras atau terlalu bertenaga tanpa adanya pemanasan yang sesuai. Misalnya saja setelah olahraga mengangkat beban, maka bagian lengan akan terasa kaku dan sulit digerakkan, namun saat digerakkan rasanya sangat sakit. Begitu juga ketika anda berenang hingga lebih dari 5 lap/ putaran tanpa pemanasan, maka bagian lengan dan kaki akan terasa pegal dan sulit digerakkan. 

Walaupun pemanasan sebelum berolahraga tidak membakar lemak seperti olahraga, tidak mempercepat proses pembentukan tubuh, namun pemanasan adalah bagian dari olahraga yang sangat penting. Kebiasaan buruk orang-orang yang ingin cepat mendapatkan tubuh ideal seperti itu, tidak mau repot-repot melakukan pemanasan. Padahal yang namanya pemanasan sebelum berolahraga sangatlah penting. Tidak peduli sebagus apa keterampilan atletik yang anda miliki, anda harus selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Selain mencegah terjadinya kaku otot setelah berolahraga, pemanasan memiliki banyak manfaat. Karena itulah anda tidak boleh menghilangkan step pemanasan dalam workout rutin anda. Berikut adalah tujuan dari melakukan pemanasan:

1.    Mencegah cedera
 
Alasan paling penting mengapa harus melakukan pemanasan adalah untuk mencegah terjadinya cedera. Dengan melakukan pemanasan, maka otot-otot tubuh akan menjadi lebih lentur. Ketika ada gerakan keras secara tiba-tiba seperti tendangan yang tinggi akan membuat tubuh berpotensi mengalami otot sobek, terkilir dan lain sebagainya. Apabila sampai terjadi otot sobek, cedera tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa pulih. Belum lagi ketika harus dijahit, maka proses penyembuhannya akan lebih lama dan tentunya akan lebih menyakitkan. Tidak hanya itu saja, ada penelitian yang menyebutkan bila latihan fisik dengan intensitas yang tinggi dan juga mendadak dapat memberikan efek buruk terhadap jantung, yaitu suplai darah ke dalam jantung berkurang. 

2.    Meningkatkan performa olahraga
 
Pemanasan sebelum melakukan olahraga akan membuat otot menjadi lebih fleksibel dan juga meningkatkan sirkulasi darah ke otot. Dengan aliran darah yang lebih banyak ke otot akan memberikan persediaan oksigen yang lebih banyak pula, yang mana artinya energi otot juga akan semakin besar, selain itu refleks dan jangkauan jarak otot/ tubuh menjadi lebih luas. Perlu anda ketahui bahwa hemoglobin dalam darah akan melepaskan oksigen lebih mudah pada suhu tinggi. Jadi semakin banyak darah masuk ke otot, semakin banyak pasokan oksigen di otot yang akan memberikan otot lebih banyak energi. Dengan begitu anda bisa berolahraga lebih lama dari yang anda rencanakan. 

3.    Memelihara kesehatan sendi dan tulang

Pemanasan juga akan mempengaruhi tulang serta sendi, 2 bagian tubuh yang berpotensi cedera ketika sedang berolahraga. Dengan melakukan pemanasan, maka akan lebih banyak cairan yang melumasi daerah persendian sehingga sendi menjadi lebih fleksibel dan licin ketika bergerak, selain itu juga akan mencegah terjadinya korosi pada sendiri. Kalau anda akan melakukan olahraga yang banyak bertumpu pada lutut, anda tidak boleh melewatkan pemanasan kalau anda tidak ingin lutut anda cedera.

4.    Persiapan mental sebelum latihan fisik yang berat

Pemanasan, memberikan persiapan agar tubuh dan juga mental kuat, memberikan rasa percaya diri sehingga mampu mengeluarkan seluruh potensinya ketika sedang berolahraga. Selain mengalirkan darah ke otot dan bagian tubuh lainnya, dengan melakukan pemanasan juga membuat alirah darah ke otak menjadi lebih banyak. Hal tersebut akan membuat tingkat kewaspadaan dan fokus meningkat. 

5.    Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh

Dengan aliran darah yang mengalir lebih banyak ke otot, pertumbuhan sel dan juga fungsi organ akan bekerja dengan lebih baik. Selain itu denyut jantung yang semula terus berpacu dengan kuat selama olahraga menjadi lebih tenang dan berdetak dengan lebih teratur. 

6.    Mengurangi rasa sakit saat dan setelah olahraga

Sebelum dan setelah olahraga anda harus melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga akan memberikan waktu kepada otot untuk rileks dan bersiap-siap sebelum olahraga. Sedangkan pemanasan setelah olahraga akan meningkatkan nutrisi ke dalam otot dan akan mengurangi rasa sakit pada otot-otot.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.