Apa Jadinya Kalo dirumah Tidak Ada Lemari Es?



Lemari es atau sering disebut kulkas merupakan barang elektronik yang sangat familiar di masyarakat. Barang elektronik yang mampu mengawetkan berbagai bahan makanan melalui suhu yang dingin, membuat banyak masyarakat yang memilikinya. Lemari es memiliki kemampuan untuk membuat suhu didalam lemari sampai menjadi minus. Kulkas yang di gemari oleh masyarakat paling banyak adalah kulkas 2 pintu. Kulkas 2 pintu memiliki pintu dua yang membedakan antara pendingin dengan pembeku. Itulah mengapa banyak orang yang menyukainya. Saat ini hampir setiap rumah memiliki kulkas, baik dari masyarakat menengah apalagi keatas. Bahkan banyak masyarakat yang mengkredit barang elektronik ini untuk memenuhi kebutuhannya.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan membuat hampir semua rumah memiliki kulkas, lalu bagaimana jadinya jika rumah tidak mempunyai lemari es? Mungkin ibu rumah tangga menjadi semakin pandai dalam memanfaatkan bahan makanan. Mengingat kulkas seringkali digunakan oleh masyarakat dalam menyimpan berbagai jenis makanan yang ada di rumah, maka jika rumah tidak ada kulkas sebaiknya harus pandai – pandai dalam memanfaatkan bahan – bahan makanan. Misalnya saja jika membeli buah, maka buah tersebut harus segera habis, karena jika tidak buah akan cepat busuk jika tidak ditaruh di dalam kulkas. Selain itu ibu rumah tangga juga tidak bisa belanja dengan metode bulanan. Mungkin saja bisa tetapi hanya berbelanja untuk bahan – bahan yang tidak cepat membusuk. Sehingga jika ingin membeli barang mudah busuk seperti sayur, buah, daging makalebih baik belinya ketika hendak memasak saja. 

Pada beberapa rumah yang memiliki anak kecil, terlebih jika anak kecil tersebut menyukai ice cream biasanya ibu rumah tangga membeli ice cream setiap bulan lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Dengan begitu anggota keluarga bisa makan yang dingin – dingin kapan saja. Namun jika rumah tidak memiliki kulkas, maka akan menjadi susah misalnya menginginkan makanan yang dingin – dingin. Terlebih lagi jika rumah tidak dekat dengan warung – warung yang menjual bahan – bahan makanan, tentu saja akan menjadi repot sendiri. Begitu banyak kerepotan yang disebabkan karena tidak ada lemari es dirumah. Apalagi jika kita tinggal di daerah dengan cuaca yang panas dan di rumah tidak ada ac. Bahan makanan yang mudah busuk akan semakin cepat membusuk jika berada di udara yang panas. Dengan begitu bahan makanan yang di beli harus segera dihabiskan atau dimasak.

Dalam lemari es terkadang terdapat sebuah kotak yang berfungsi untuk menyimpan obat – obatan. Terkadang ada beberapa obat – obatan keluarga atau obat pribadi yang harus disimpan di tempat dingin. Lalu bagaimana jika kita membutuhkan obat tersebut sementara dirumah tidak ada kulkas. Tentu hal tersebut akan menjadi repot lagi. Mungkin bisa saja minta tolong tetangga untuk menyimpankan obat itu kedalam kulkasnya. Namun itu juga akan menjadi susah ketika membutuhkan obat tetapi tetangga tidak ada dirumah, sehingga tidak bisa mengambil obat yang ada di kulkasnya. Banyak sekali hal – hal yang menjadi susah jika dirumah tidak ada lemari es. Padahal pada jaman dahulu, masyarakat masih biasa – basa saja saat tidak ada kulkas. Namun jika saat ini di era perkembangan teknologi yang pesat ini tidak ada lemari es di rumah maka semua menjadi terasa sulit. Banyak masalah yang terjadi ketika tidak mempunyai lemari es, terlebih lagi bagi ibu rumah tangga dalam mengelola bahan – bahan makanan yang ada.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.