Inilah 5 Dampak Buruk Obesitas dan Cara untuk Mencegahnya

Jendela Informasi - Berat badan berlebih atau istilahnya adalah obesitas memang bisa dialami oleh siapa saja, hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai diantaranya adalah keturunan atau genetik, gaya hidup hingga pola makan yang salah. Beberapa orang memang sudah sejak kecil memiliki berat badan yang berlebih namun ada pula diantaranya yang pada saat memasuki usia dewasa baru merasakan peningkatan atau penambahan berat badan yang cukup signifikan.

Jangan anggap sepele hal ini, karena pada dasarnya memiliki berat badan yang berlebihan ini juga memiliki banyak sekali resiko terhadap kesehatan, berikut ini beberapa diantaranya jenis penyakit yang mudah menyerang mereka dengan berat badan berlebih, yaitu:




1.    Diabetes melitus, tentunya sudah tidak begitu asing dengan jenis penyakit yang satu ini bukan, ia dikenal juga sebagai penyakit kencing manis. Faktanya lebih dari 87 persen orang yang menderita penyakit ini adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih, sehingga patut untuk waspada, karena kadar lemak yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan perubahan pada sel sehingga menyebabkan insulin kesulitan dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh.

2.    Tekanan darah tinggi, ketika berat badan terus bertambah dan juga ukuran kian membesar hal ini bisa menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras di dalam memompa darah, sehingga membuat tekanan darah juga semakin tinggi.

3.    Penyakit jantung, orang-orang dengan berat badan berlebih memang beresiko tinggi terkena penyakit jantung karena pada dasarnya organ tubuh tersebut dipaksa untuk bekerja keras di dalam memompa darah, sehingga mudah mengalami kerusakan.

4.    Kanker, sel-sel lemak yang terlalu banyak pada orang yang menderita diabetes akan melepaskan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, sehingga membuatnya jauh lebih mudah terserang penyakit kanker.

5.    Stroke, penyakit ini bisa terjadi karena otak kekurangan sel-sel darah sehingga sebagian diantaranya mati dan menyebabkan masalah pada beberapa bagian tubuh, seperti diantaranya adalah lumpuh sebagian atau bahkan juga bisa lumpuh secara keseluruhan.

Itulah mengapa bagi Anda yang sudah memiliki gejala obesitas ini setidaknya menerapkan beberapa kebiasaan sehat berikut ini, diantaranya adalah:

1.    Rajin olahraga, jika kebutuhan olahraga untuk orang normal hanyalah 4 jam dalam seminggu, maka mereka dengan tujuan untuk menurunkan berat badan hendaknya menambah durasi olahraga, jika bisa lakukan olahraga yang agak berat seperti diantaranya adalah ngegym, sehingga lebih cepat turunkan berat badan.

2.    Diet, menjaga pola makan, karena sebenarnya apa yang Anda konsumsi tersebut itulah yang akan menumpuk lebih banyak lemak di dalam tubuh. Itulah mengapa sebaiknya terapkan diet yang sehat dengan mengganti menu makanan, lebih banyak konsumsi serat dari sayur dan buah-buahan dibandingkan dengan karbohidrat.

3.    Rutin untuk melakukan check up, pada dasarnya orang dengan berat badan yang berlebihan memang paling rentan mengalami masalah pada kesehatan, hal ini bisa diturunkan resikonya dengan rutin check up ke dokter, sehingga jika ada beberapa hal yang tidak beres maka bisa segera dilakukan pengobatan sehingga tidak bertambah parah nantinya.

Ingat bahwa obesitas ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Untuk itu ada baiknya sejak kecil para orang tua selektif dalam memberikan asupan nutrisi kepada buah hati, sehingga tidak sampai mengalami kondisi tersebut, karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan mereka.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.