Tugu Pahlawan, Monumen Perjuangan Sarat Makna Arek-Arek Surabaya

Jendela Informasi - Siapa yang tidak kenal Kota Surabaya. Kota terbesar kedua di Indonesia ini selain terkenal sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi Jawa Timur, juga terkenal akan rentetan sejarahnya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Maka tidak heran jika banyak kunjungan ke kota ini. Tiket pesawat Jakarta Surabaya pun juga selalu ramai dipesan oleh berbagai kalangan baik untuk bisnis, pendidikan, wisata, ataupun kunjungan kerja.


Salah satu ikon yang terkenal dari kota ini adalah Tugu Pahlawan. Yup, kota ini sesuai dengan gelarnya sebagai kota pahlawan memang memiliki banyak monumen untuk mengenang berbagai bentuk perjuangan melawan penjajahan. Jadi, jika Anda mengunjungi kota ini, sempatkan untuk mengunjungi Tugu Pahlawan ya. Kata orang, belum ke Surabaya rasanya jika belum mengunjungi Tugu Pahlawan.




Tugu Pahlawan adalah monumen yang menjulang tinggi dan berbentuk lingga atau paku yang terbalik. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan arek-arek Surabaya pada tanggal 10 November 1945 sekaligus menghormati para pahlawan yang telah gugur. Saat itu, pejuang dari Surabaya tengah mempertahankan kemerdekaan dari pasukan Belanda yang diboncengi sekutu yang berniat untuk merebut kembali Negara Indonesia.


Tentu tugu ini dibangun bukan hanya sekedar menjadi bangunan namun juga memiliki makna yang mendalam bagi Surabaya dan Indonesia. Letaknya berada di tengah kota, di samping kantor Gubernur Jawa Timur. Monumen ini didirikan diatas tanah seluas 2,3 hektare. Lalu apa saja yang menjadikan monument ini bermakna dan harus dikunjungi ? Yuk kita bahas satu persatu.


Filosofi dari Arsitektur Bangunan


Mungkin hanya sedikit yang tahu filosofi dari setiap desain bangunan ini. Jika kita perhatikan ternyata detail dari bangunan ini mengandung arti. Bangunan yang memiliki tinggi 41,15 meter ini memiliki 10 lengkungan dan terbagi menjadi 11 ruas. Ini bermakna 10-11-1945 yang merupakan hari dimana terjadi pertempuran 10 November di Surabaya.


Monumen Tokoh Penting


Bukan hanya tugu, di kompleks ini juga terdapat monumen untuk tokoh-tokoh penting yang pernah berkiprah di Surabaya seperti Bung Tomo, Gubernur Suryo, sampai Doel Arnowo. Selain itu, ketika awal masuk ke dalam kompleks Anda akan disambut oleh tulisan pengobar semangat seperti Merdeka Ataoe Mati yang merupakan slogan khas Bung Tomo. Jadi tunggu apalagi segera pesan tiket pesawat Jakarta Surabaya sebelum kehabisan promo.


Jika Anda berencana berkunjung dalam waktu dekat, Anda bisa memesan tiketnya menggunakan aplikasi Pegipegi.com. Tersedia berbagai pilihan maskapai penerbangan dengan informasi yang sangat lengkap seperti durasi penerbangan, harga, fasilitas, sampai tips di lokasi tujuan. Selain itu, banyak promo yang disediakan setiap bulannya. Pas banget buat Anda yang ingin bepergian sehemat-hematnya.


Proses pemesanan tiket juga praktis dan mudah. Anda tinggal mengakses dan melakukan pemesanan menggunakan aplikasi atau web Pegipegi.com, kemudian pilih jadwal keberangkatan, tujuan, jumlah penumpang, maskapai dan terakhir pembayaran. Metode pembayarannya pun lengkap mulai dari kartu kredit, debit, sampai pembayaran via swalayan. Yuk segera pesan tiket Anda sekarang!


Museum Bawah Tanah


Jika berkunjung ke Tugu Pahlawan, jangan lupa untuk mengunjungi museum bawah tanah. Berada di kedalaman 7 meter, museum ini terdiri dari dua lantai yang digunakan untuk mengenang dan tempat koleksi barang-barang bersejarah. Tersedia foto-foto dan diorama mengenang masa perjuangan. Selain itu, di museum ini juga sering digelar acara-acara tertentu seperti seminar dan pagelaran musik.


Makam Pahlawan Tanpa Nama


Dibalik Tugu, terdapat pusara yang tidak bernama sebagai tempat pemakaman pahlawan yang gugur selama pertempuran. Makam-makam ini tidak bernama karena tidak diketahui siapa yang bersemayam di pusara tersebut. 


Dibangun di Tanah Bekas Gedung Pengadilan


Dulunya tanah yang digunakan untuk membangun tugu pahlawan adalah Gedung Kempetai pada zaman Jepang, dan Gedung Raad van Justitie pada zaman Belanda. Banyak peristiwa berdarah yang terjadi di gedung ini seperti para pejuang yang ditahan oleh Pemerintah Jepang. Namun sekarang gedung tersebut sudah tidak ada dan seluruhnya sudah menjadi kompleks Tugu Pahlawan.


Sekian dulu ulasan mengenai Tugu Pahlawan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa segera pesan tiket pesawat Jakarta Surabaya sebelum promo berakhir.






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.