Pentingkah Multivitamin Untuk Kehamilan?


Saat masa kehamilan, seorang ibu hamil disarankan dan dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam vitamin sesuai anjuran dokter. Biasanya setelah memeriksa kandungan, dokter atau bidan akan memberikan vitamin bagi ibu hamil yang memiliki peranan penting dalam mendukung kehamilan. Khasiat yang dihasilkan oleh vitamin bukan hanya untuk ibu hamil, namun juga untuk janin.

Tentu saja, multivitamin ibu hamil sangat penting dikonsumsi selama proses kehamilan. Anda tidak boleh mengabaikan beberapa vitamin, hal ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin dapat berjalan dengan baik.

Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Terdapat 13 vitamin, namun dari semuanya ada beberapa jenis vitamin yang memang disarankan dan sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil dan akan berpengaruh terhadap janin, yaitu:

1.    Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang penting bagi ibu hamil dalam membantu untuk menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D pada tubuh ibu hamil dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang yang bermasalah serta peluang anak terkena cacat tulang setelah lahir.

2.    Vitamin C

Vitamin C bagi ibu hamil memiliki fungsi untuk membantu perkembangan mental dan otak janin. Vitamin C juga berperan penting dalam menjaga memori janin. Kekurangan vitamin C selama masa kehamilan dapat mengakibatkan janin memiliki masalah mengenai mental, ingatan, dan kecerdasan.

3.    Vitamin B9 atau asam Folat

Asam folat merupakan vitamin yang paling penting bagi ibu hamil serta janin. Vitamin B9 ini berguna untuk mencegah kemungkinan cacat otak dan tulang belakang pada anak. Bahan makanan yang mengandung asam folat, seperti sayuran hijau, kacang almond, dan lain-lain.

4.    Vitamin E

Vitamin E juga tidak kalah pentingnya untuk dikonsumsi ibu hamil. Vitamin E memiliki fungsi untuk mendistribusikan sari-sari makanan untuk janin melalui plasenta. Sehingga, vitamin E berperan untuk menjaga nutrisi yang akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin.

5.    Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mempertahankan keberadaan sel-sel tubuh yang melapisi paru-paru janin sehingga dapat terlindung dari polutan. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal suatu saat nanti. Ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan, jika ibu hamil merasa sakit kepala akibat terlalu lemah mungkin bisa beristirahat. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.